Semua Tentang Pengapian Honda Vario

Sistem pengapian Honda Vario memang yang paling canggih. Fungsinya bukan sekedar umpan api ke busi, tapi punya tugas lebih banyak lagi. Untuk mengatur pemutus arus listrik di standar samping, sensor di tuas rem untuk electric starter sampai lampu indicator suhu. Semua diatur lewat kotak pengapian.
Sistem pengapian Honda Vario memang yang paling canggih. Fungsinya bukan sekedar umpan api ke busi, tapi punya tugas lebih banyak lagi. Untuk mengatur pemutus arus listrik di standar samping, sensor di tuas rem untuk electric starter sampai lampu indicator suhu. Semua diatur lewat kotak pengapian.

Tak heran jika CDI Vario disebut Electronic Control Modul(ECM). Sebab menggabungkan tugas CDI dan fungsi Control Unit (pengatur) lewat sebuah processor sebagai otaknya. Selain itu juga ada auto choked di karburator yang bekerja lewat perintah ECM setelah membaca temperature di bawah 40oC dari sensor suhu. Makanya saat dingin atau pagi, putaran mesin jadi tinggi . Begitu suhu diatas 40oC, rpm kembali langsam normal.

Termasuk menghindari dynamo starter rusak saat tombol electric starter dipencet. ECM membatasi mengumpan api ke busi dari 1.000 hingga 1.500 rpm saja. Kalau dynamo berputar lebih dari 1.500 rpm, entakan dengan kruk as bikin rusak gigi dynamo starter.

Tak heran saking banyaknya tugas ECM Vario, jumlah colokan soket berjumlah 18. Bandingkan dengan CDI biasa yang hanya 5 colokan untuk masa, kunci kontak, pulser, sepul pengapian dank koil.

Artinya utak-atik sistem kelistrikan Vario yang tak hati-hati bisa berujung mesin tak mau hidup hingga rusaknya ECM. Maklum semua sensor menuju ke kotak elektronik, salah potong kabel bisa berakibat parah. Jadi jangan main-main dengan ECM Vario.

Setara CDI Dual Band

Kotak pengapian Vario mirip CDI dual band yang bekerja secara otomatis, tanpa perlu pencet tombol. ECM Vario punya dua timing pengapian yang diatur dari bukaan gas. Begitu gas dibuka dikit maka pakai kurva pengapian irit, kalau gas dibetot pindah ke kurva yang kencang.

Ini dikarenakan magnet Vario punya dua tonjolan untuk pulser berjarak 16 mm satu sama lain. Tonjolan pertama panjang 7 mm, yang kedua yaitu 38 mm (gbr. 3). Saat rpm rendah, beda jarak antar tonjolan terbaca jauh oleh pulsar, makin kencang maka terbaca makin rapat, ini yang mengontrol pemilihan kurva pengapian.

Belum lagi processor ECM Vario yang bisa menghasilkan dua ledakan sekaligus saat busi memercikkan api (dual spark). Juga CDI tak bekerja saat tegangan kelewat rendah (auto low voltage protection).

20 thoughts on “Semua Tentang Pengapian Honda Vario”

    1. sama bro malah vario ane baru 1 minggu dah susah distarter kalo mesin agak dingin tp gak semua vario begitu haduhhh ampe pusing ane apa kita pas dpt motor yg apes ya hahahahah

  1. oom motor saya vario tp akhir2 ini dobel staternya gk bisa,,daya accuny rendah tp setelah acuu nya saya pindah ke motor lain ,,ternyata acuu normal lg,, itu knp ya om,,mohon,,bantuanya,,trimakasih banyak,,,

  2. saya punya motor vario, kemarin habis ganti piston tp sekarang malah susah untuk di hidupkan, minta solusinya dong!

  3. Bos saya pasang sensor tepuk alias tePuk tangan . Jadi kalo tepuk tangan mesin langsung hidup ga usah pencet2 lagi. Motor saya vario. Enak nya. Mau pasang turbo carger . Tapi di mana ya beli nya.

  4. met mlm mas saya mau nanya mtor saya honda pario 11o cc.kenapa arus api aki bisa berkurang seharusnya kan nambah di aki mohon sulusinya sebelumnya saya ucapkan trimakasih

  5. Maotor sy vario techno gan,aki’a soak kenapa mesin’a gk mau nyala yahh,bisa gk klw gk pakai aki mesin masih tetap hidup,kyk motor2 yg lain kebanyakan

  6. bang motor saya vario techno 125
    kalo nyari magnet susah gk ya bang
    n kalo bisa d akalin , sama magnet apa ya bang
    tq . .. . .

  7. Hmm is аnyone еlse һaving problems with thе picturs ᧐n this blog loading?
    I’m trying to determine іf itѕ a proƄlem on mʏ end or iif it’s the blog.
    Any suggestions ᴡould be ɡreatly appreciated.

  8. Mengapa motor Vario baru sy ga mau hidup yah…klo ga di isi bensin….mungkin udh kecanduan bensin…klo tangki bensin kosong…ga mau hidup motor nya…pusing sy…berarti motor sy ga responsif…

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *